Cara koneksi Android dan Komputer tanpa kabel





Untuk mengakses dokumen musik, foto atau video dari Android ke komputer, atau sebaliknya ingin mengirim atau menyimpan musik,dokumen, foto, video ke Android biasanya kita gunakan kabel data atau dengan cara mencopot  memory cardnya untuk dibuka di komputer.

Bagaimana caranya untuk kepentungan tersebut tanpa menggunakan kabel data dan tanpa membuka memory card ?
Kita dapat melakukannya melalui sambungan wireless yaitu dengan  menggunakan Wi-fi.
Banyak aplikasi untuk keperluan ini diantaranya adalah App Software Data Cable.
Cara kerjanya yaitu Android berlaku sebagai FTP server, kemudian diakses oleh komputer atau perangkat lain menggunakan Wifi. baik itu wifi dari perangkat yang berbeda ataupun wifi yang digenerate oleh Android itu sendiri.

Di Android buka Google Play Store
Search aplikasi dengan kata kunci software data cable. seperti diperlihatkan pada capture di bawah ini. kemudian instalkan.



Setelah terinstal, Jalankan aplikasinya.
Tap/pilih tab SYNC PC



Kemudian tap START SERVICE.



Kalau Androidnya sudah tersambung ke  perangkat wifi, misalnya ada wifi router akses point/hotspot di rumah atau di kantormu, maka setelah dijalankan appnya tadi Android sudah dapat langsung diakses oleh komputer dengan menggunakan wifi/akses point yang sama.
Kalau tidak tersambung atau tidak ada Wifi/akses point. maka Android akan menjadikan dirinya sebagai portable wifi, seperti pada contoh  berikut :

Tap Create membuat portable wifi hotspot

Kemudian akan muncul informasi tentang SSID wifi dan passwordnya untuk di akses perangkat lain (komputer), terserah anda mau menggunakan setting yang sudah diberikan secara otomatis  atau anda mau mengubahnya terserah, untuk cepatnya pilih Dismiss,




Akan muncul alamat IP dan portnya untuk keperluan mengakses dari perangkat komputer.



Dari sisi Android settingnya sudah selesai, sekarang tinggal di komputer yang akan mengaksesnya.

Lakukan koneksi ke wifi Android tersebut seperti halnya anda konek ke Wifi hotspot internet sebagaimana biasanya, memilih SSID dan memasukkan password pengamannya.

Setelah wifinya tersambung, Buka File explore, kemudian ketikkan alamat IP FTP server sesuai dengan yang ditampilkan di aplikasinya. Pada contoh alamat yang harus ditulis adalah :
ftp://192.168.43.1:8888/



Maka di File explorer akan muncul folder-folder terkait dokumen yang ada di perangkat Android.


This Is The Newest Post