25 Permohonan Tidak Ditemukan



Perpanjangan paspor kali ini saya mencoba melalui cara online yang menurut informasi lebih mudah dan lebih praktis, karena hanya datang dua kali dan yang datang  kedua kalinya tersebut adalah untuk mengambil.

Kendala pertama yang dihadapi (tidak terlalu mengganggu) yaitu ketika sudah membayar ke bank, ketika mau verifikasi dari link yang dikirim ke email  tidak langsung berhasil, karena mungkin data dari bank tidak langsung masuk ke database Imigrasi jadi dianggap masih belum membayar. Hal ini tidak berlangsung lama, satu jam kemudian saya mencoba lagi dan berhasil.

Kendala kedua yang lumayan mengganggu yaitu ketika masuk ke langkah berikutnya yaitu untuk memilih tanggal kedatangan ke kantor imigrasi,  ada keterangan bahwa permohonan tidak ditemukan, tulisan tepatnya adalah : 25: Permohonan Tidak ditemukan. Padahal telah memasukkan  momor jurnal bank dan mengisikan captcha dengan benar.

Keterangan 25: Permohonan Tidak Ditemukan

Mencoba satu jam kemudian, dua jam,tiga jam dst, keterangan Permohonan masih tidak ditemukan, bahkan sampai besok paginya masih belum bisa juga.mulailah agak-agak panik, karena ada keterangan kalau dalam 5 hari kerja tidak konfirmasi kedatangan maka biaya yang sudah ditransfer akan hangus.

Kemudian mencoba untuk menelephone ke nomor kantor Imigrasi akan tetapi telephonenya tidak pernah ada yang mengangkat walaupun dicoba  berulang-ulang (nomor didapat dari kop surat/resi pengantar untuk bayar ke bank). Akhirnya bingung sendiri, terus mencoba-coba entri lagi entri lagi dengan hasil yang tetap:  25: Permohonan Tidak Ditemukan. Menelephone dan nelephone lagi tapi tetep saja tidak ada yang mengangkat..

Barulah pada sore harinyanya (lebih dari 24 jam sejak pembayaran ke bank)  keterangan permohonan tidak ditemukan tidak muncul lagi, dan bisa melakukan pemilihan tanggal kedatangan, sehingga proses online selesai tinggal datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang saya pilih.

Kalau anda mengalami hal yang sama, tidak banyak yang dapat anda lakukan, hanya dapat mencoba-coba dan menunggu sampai data permohonannya masuk.