Saat ini umumnya semua bentuk layanan pengiriman barang, regional atau internasional, menggunakan jasa Pos atau jasa pengiriman lainnya, semuanya dapat ditrace, dicek atau dilacak status pengiriman dan keberadaannya melalui internet.
Untuk barang yang dikirim lewat Pos, bisa dicek dari layanan web track/trace dari Pos negara pengirimnya, kemudian selanjutnya kita gunakan layanan dari Pos dalam negeri, Pos Indonesia.
Ketika barang dikirim maka akan ada nomor trackingnya, kita bisa minta nomor tracking tersebut ke pengirimnya. Untuk situs-situs belanja online biasanya secara otomatis nomor tracking akan diinfokan ke pembeli begitu barang dikirim.
Misalnya kalau barang dikirim dari China maka untuk pengecekan awal kita gunakan alamat :
http://intmail.183.com.cn/
Selanjutnya trace kita lakukan melalui situs EMS Pos Indonesia dengan alamat :
http://ems.posindonesia.co.id/
Di atas adalah contoh pengiriman barang dari China ke Indonesia, diperlukan kesabaran karena rata-rata barang sampai/diterima memerlukan waktu 3 minggu sampai sebulanan lebih, kalau diperhatikan proses yang lamanya adalah di kitanya/ di dalam negeri, bea cukai, dan pemeriksaan lain-lainnya