Cara Mengetes Power Supplay ATX



Power Supply ATX (Advanced Technology eXtended), adalah Power Supply standard yang dipakai pada komputer desktop pada saat ini.

Ketika suatu komputer desktop bermasalah, tidak mau hidup misalnya atau hang, atau sering restart sendiri, penyebabnya bisa karena Power Supply yang  rusak.
untuk mengetahui suatu  power supply ATX rusak / bermasalah atau tidak, yaitu dengan mengukur setiap output tegangan yang ada pada output terminal/konektor, menggunakan Volt meter, atau AVO meter (Ampere Voltage Ohm meter).

Mengetes Power supply menggunakan AVO meter memang hasilnya lebih akurat, tetapi mengerjakannya lebih sulit, dan memerlukan waktu yang lebih lama karena harus  mengecek tegangan di pinnya satu persatu. dan kita perlu pengetahuan tentang listrik dan tegangan, juga cara penggunaan AVO meter, yang tentunya tidak semua orang bisa.

Saat ini ada cara mudah untuk mengetahui suatu power supply bermasalah/rusak atau tidak, yaitu menggunakan alat yang bernama Power Supply Tester.



Cara memakainya kita tinggal mengkoneksikan/menyambungkan output/konektor Power supply ATX ke input Power Supply Tester, kalau bagus maka lampu LED indikator akan menyala sesuai dengan pin yang diukur. Satu saja ada lampu LED yang mati, berarti Power Supply ATX tersebut bermasalah/rusak


Power Supply Tester ini sudah banyak dijual di toko perlengkapan/ komponen komputer, di internet juga banyak yang menjual secara online. Saya beli harganya dibawah Rp. 50 ribu di toko lokal sini.


Semoga info ini bermanfaat


Posting lainnya:
• Kumpulan SMS Ucapan Selamat Idul Fitri 
• Cara Minimize Remote Desktop (RDP) di Windows 
• Cara penggunaan Lem Aibon yang benar 

• Cara supaya baterai pada remote, camera, dll,